Peluang bisnis di tahun yang baru pasti terus berubah. Awal Februari lalu pemerintah RI mengumumkan rencana perusahaan mobil listrik dan energi terbarukan, Tesla untuk berinvestasi di Indonesia. Menurut Warta Ekonomi, Tesla tertarik untuk berinvestasi di sektor industri nikel sebagai bahan baku baterai lithium-ion di mana Indonesia adalah penghasil nikel terbesar di dunia. Ditambah lagi, Tesla juga berpotensi berinvestasi di sektor ketenagalistrikan melalui teknologi Energy Storage System (ESS) yang berfungsi seperti powerbank yang dapat menyimpan kelebihan pasokan energi listrik.  

Menarik banget ya peluang bisnis dari Tesla ini! Kira-kira apa saja ya yang bisa kita lakukan sebagai pebisnis untuk menyambut datangnya investasi Tesla? Dari sisi supply & demand, yuk kita bedah peluang mobil listrik!  

1. Permintaan Bahan Baku Baterai akan Naik

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu komponen utama baterai untuk mobil listrik adalah nikel. Komponen lainnya adalah kobalt yang juga tersedia melimpah di Indonesia. Maka dari itu, Indonesia punya peluang untuk jadi pemasok utama bahan baku baterai mobil listrik. Nah, Anda bisa mulai mempelajari komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan untuk membuat baterai dan peluang industri baterai di Indonesia.

2. Peluang Ekosistem Pengisian Daya Listrik

peluang bisnis mobil listrik
Source : Unsplash

Mobil listrik tidak bisa jalan kalau tidak ada pengisian daya listrik, baik dari baterai atau melalui stasiun pengisian. Di Indonesia sendiri jumlah stasiun pengisian daya listrik masih sangat terbatas, hanya di kota-kota besar dan hanya di lokasi tertentu. Padahal, Indonesia telah menargetkan 20 persen dari total produksi kendaraan akan berbasis listrik pada tahun 2025. Tentunya ini bisa jadi peluang bisnis untuk mengembangkan ekosistem pengisian daya listrik, baik di rumah maupun di tempat umum. Mengutip dari The Guardian, ada banyak inovasi yang telah dikembangkan di Inggris untuk mengisi mobil listrik di tempat-tempat umum. Misalnya, inovasi lampu jalan untuk mengisi mobil listrik, induction pad, dan stasiun pengisian super cepat memanfaatkan lahan parkir. Wah, kira-kira bisa diaplikasikan di Indonesia nggak ya?

3. Peluang Jasa Service dan After Sales Mobil Listrik

peluang bisnis mobil listrik
Source : Unsplash

Kalau mobil listrik makin banyak di Indonesia, bakal muncul peluang jasa service dan after sales mobil listrik. Misalnya, point of sales mobil listrik, bengkel khusus mobil listrik, jasa cuci mobil (car wash), jasa pengisian daya listrik, dan lain-lain. Customer yang punya mobil listrik kemungkinan juga early adopter yang punya kebutuhan berbeda dari pengguna mobil pada umumnya. Anda bisa menggali peluang jasa mobil listrik agar bisnis Anda bisa cuan dari mobil listrik.

4. Peluang Transportasi Umum & Ride-Sharing Berbasis Listrik

Kendaraan berbasis listrik nggak cuman buat mobil pribadi lho! Seperti yang sedang dikembangkan di banyak negara, kendaraan listrik bisa dipakai untuk transportasi umum seperti bus dan taksi. Di Eropa, sekitar 4.000 bus listrik telah beroperasi. Bus listrik di India dan AS juga sudah mulai beroperasi. Blue Bird mengoperasikan BYD e6 dan Tesla Model X untuk taksi listrik di Indonesia. Walaupun 98% transportasi umum berbasis listrik baru ada di China, tapi pasar kendaraan berbasis listrik tumbuh dengan cepat. Tak hanya itu, mobil listrik juga digunakan untuk kendaraan berbasis daring (ride-sharing). Misalnya, Grab Indonesia punya armada Hyundai Ioniq. Ke depannya, akan makin banyak kendaraan umum & ride-sharing berbasis listrik yang lebih ramah lingkungan dan rendah emisi karbon. Kalau bisnis Anda bergerak di bidang transportasi, ini saat yang tepat untuk melirik mobil listrik. 

Ternyata banyak juga ya peluang supply & demand mobil listrik di Indonesia. Mungkin lebih banyak lagi peluang yang belum dibahas di sini. Sistem ERP Prieds bisa membantu Anda melihat peluang dengan jeli dan mengambil keputusan yang tepat. Makanya, pastikan bisnis Anda memakai ERP dari Prieds supaya bisnis Anda makin lancar jaya!

Sistem Prieds Technology

peluang bisnis mobil listrik

Sistem ERP dari Prieds Technology terintegrasi dengan banyak modul sehingga tidak ada lagi pekerjaan manual yang harus dilakukan antar sistem.

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Klik di sini untuk konsultasi gratis, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.