top of page

Warehouse Slotting: Pengertian, Manfaat, Metode dan Tantangannya

Memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan perusahaan untuk dapat meningkatkan pemenuhan permintaan pasar. Dengan penggunaan area gudang yang lebih optimal, perusahaan dapat menyimpan lebih banyak jenis stok barang, sekaligus menjaga seluruh stok dalam kondisi dan kualitas terbaik.


Ada banyak cara untuk dapat memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang, salah satunya yaitu melalui metode slotting. Melalui metode ini, tidak hanya memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan, tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi operasional gudang.


Apa itu Warehouse Slotting?

Metode slotting merupakan sebuah proses proses penempatan barang dalam lokasi yang optimal dalam gudang. Tujuan utama dari penerapan metode slotting dalam gudang yaitu untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan cara menempatkan stok barang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan metode ini sangat memperhatikan ruang penyimpanan dan jenis stok barang yang akan disimpan berdasarkan tingkat permintaan, ukuran, berat, dan ciri lainnya.


Agar metode slotting dapat diterapkan dengan baik, perusahaan perlu melakukan pendataan, pengukuran, serta analisis data operasional gudang untuk dapat mengidentifikasi tata letak terbaik untuk masing-masing stok barang. Sehingga, hal ini dapat membantu perusahaan untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang, sekaligus meningkatkan efisiensi manajemen stok barang dan penggunaan biaya operasional.


Metode Slotting dalam Manajemen Gudang

Metode Slotting dalam Manajemen Gudang

Terdapat beberapa jenis dari metode slotting yang dapat diterapkan dalam manajemen gudang, diantaranya yaitu :


1. Fixed Slotting

Seperti namanya, metode fixed slotting bekerja dengan cara menempatkan setiap stok barang pada slot yang telah ditentukan dan tidak ada perubahan tata letak. Sistem ini memudahkan staf gudang untuk melakukan proses picking, namun disisi lain metode fixed slotting tidak memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan permintaan.


2. Random Slotting

Berbeda dengan fixed slotting, metode random slotting diterapkan dengan cara menempatkan stok barang di slot manapun yang tersedia, dan umumnya dioptimalkan dan dimonitor melalui sistem WMS untuk dapat mengukur parameter tertentu.


3. Dynamic Slotting

Metode dynamic slotting memiliki kelebihan untuk dapat beradaptasi dengan permintaan pasar yang dinamis dengan cara mengoptimalkan penempatan stok berdasarkan data real-time dari manajemen gudang.


Faktor yang Perlu dipertimbangkan dalam Slotting

Perusahaan dapat menerapkan berbagai metode yang sesuai untuk dapat memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang, salah satunya seperti metode slotting. Berikut beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan perusahaan saat akan menerapkan metode slotting dalam manajemen gudang :


1. Frekuensi Pengambilan 

Penataan Letak stok barang menggunakan metode slotting perlu memperhatikan jenis produk tertentu yang memiliki frekuensi picking yang paling tinggi untuk ditempatkan lebih dekat dengan area pemrosesan stok barang. Tujuannya agar alur stok dalam gudang dapat berjalan dengan lancar dan membuat proses pemenuhan pesanan lebih efisien.


2. Dimensi Stok Barang

Untuk meminimalisir resiko kerusakan dan kecelakaan kerja, metode slotting juga penting untuk memperhatikan dimensi barang. Stok Barang yang berat dan berukuran besar umumnya ditempatkan pada rak bawah.


3. Karakteristik Stok Barang

Setiap jenis stok barang tentu membutuhkan cara penyimpanan tertentu untuk dapat menjaga kualitasnya. Saat menerapkan metode slotting, penting untuk memperhatikan area penyimpanan tertentu yang sesuai dengan karakteristik stok barang, seperti memperhatikan suhu atau tingkat kelembaban tertentu.


4. Lead Time

Metode slotting juga perlu memperhatikan lead time dari stok barang. Jenis stok barang yang memiliki durasi lead time pendek atau cepat habis sebaiknya ditempatkan pada area yang mudah dan cepat diakses.


Manfaat Penerapan Slotting

Penggunaan metode slotting dalam manajemen gudang memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat dari metode slotting :


1. Efisiensi Operasional

Penerapan metode slotting tidak hanya berfungsi untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, tetapi juga membantu meningkatkan efisiensi operasional gudang secara menyeluruh. Melalui metode ini, seluruh proses manajemen gudang seperti picking dan putaway menjadi lebih cepat.


2. Meminimalisir Kesalahan

Dengan menggunakan metode slotting, setiap barang ditempatkan pada lokasi yang strategis, berdasarkan tingkat permintaan. Sehingga perusahaan dapat menekan terjadinya kesalahan saat mengelola stok barang, seperti salah perhitungan dan pencatatan, ataupun kesalahan saat proses picking.


3. Optimalisasi Stok Barang

Metode slotting juga meningkatkan visibilitas perusahaan pada manajemen gudang. Dengan begitu, perusahaan dapat menjaga jumlah dan kondisi stok barang dengan lebih optimal, serta meminimalisir kemungkinan terjadinya overstock atau out-of-stock.


4. Peningkatan Kepuasan Konsumen

Dengan memaksimalkan kapasitas penyimpanan gudang, perusahaan tentu dapat menyimpan stok barang lebih banyak untuk dapat memenuhi permintaan pesanan. Ketersediaan produk dan kemampuan untuk memenuhi pesanan menjadi faktor penting bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen.


Tantangan dalam Penerapan Slotting

Tentunya, saat akan menerapkan metode slotting, terdapat beberapa tantangan yang umum terjadi. Berikut beberapa tantangan yang penting untuk diperhatikan saat akan menerapkan metode slotting dalam manajemen gudang :


1. Investasi Awal

Implementasi metode slotting membutuhkan banyak waktu untuk melakukan uji coba dan penyesuaian dengan operasional gudang. Selain itu, saat akan menerapkan metode ini, perusahaan perlu melakukan investasi sumber daya di awal untuk analisis data agar metode ini berjalan dengan optimal.


2. Perubahan Permintaan

Perubahan permintaan pasar yang dinamis membuat slotting yang sudah diterapkan menjadi kurang efektif apabila tidak disesuaikan. Untuk menjawab tantangan ini, penggunaan teknologi seperti WMS dapat membantu perusahaan agar dapat menyesuaikan metode slotting dengan perubahan permintaan yang ada berdasarkan data real-time.


3. Proses Pengelolaan yang Kompleks

Dengan meningkatkan jumlah stok barang yang tersimpan melalui metode slotting, tentu hal ini juga meningkatkan kompleksitas pada proses pengelolaan. Untuk itu, perusahaan memerlukan sistem WMS yang dapat mengotomatisasi proses manajemen gudang dan menjadi pusat pengelolaan data yang akurat.


Terapkan Metode Slotting untuk Memaksimalkan Penggunaan Gudang dengan WMS Prieds

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan WMS, Prieds menawarkan teknologi yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang dengan metode slotting melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dan memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang dengan metode slotting melalui konsultasi dengan tim ahli. Dapatkan Software yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.

20 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page