top of page
kevramadhani

Sweep Picking: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Implementasinya

Salah satu tahap dalam manajemen stok barang yang berpengaruh terhadap pergerakan stok barang yang optimal yaitu pada proses picking atau pengambilan stok barang. Terdapat beberapa metode atau cara yang dapat diterapkan untuk melakukan picking yang mana, salah satunya adalah metode Sweep Picking, oleh karena itu kita akan membahas lebih dalam mengenai Sweep Picking kali ini.


Pengertian Sweep Picking dalam Manajemen Stok Barang

Pengertian Sweep Picking dalam Manajemen Stok Barang

Sweep Picking merupakan salah satu metode dalam proses pengambilan stok barang, dimana seluruh item dalam pesanan yang dibutuhkan akan diambil dalam satu perjalanan berurutan atau terus-menerus dari berbagai lokasi penyimpanan dalam gudang. 


Proses ini mengurangi jumlah perjalanan yang harus dilakukan staff gudang untuk mengambil stok barang dari area penyimpanan yang berbeda di gudang, menghemat waktu dan energi. Tujuannya adalah memastikan bahwa seluruh stok barang yang diambil dari gudang untuk memenuhi pesanan dapat dikumpulkan dengan lebih efisien.


Metode ini sangat efektif jika diterapkan pada gudang yang memiliki area penyimpanan besar, terutama jika ada permintaan barang yang beragam dan pengambilan dari beberapa lokasi diperlukan secara bersamaan.


Cara Kerja Sweep Picking

Untuk memastikan pengambilan barang yang efisien dan akurat, terdapat beberapa tahahap pada proses sweep picking. Berikut cara kerja pengambilan stok barang dengan metode sweep picking :


1. Proses Penerimaan Pesanan

Perusahaan akan menerima pesanan yang masuk dan kemudian akan dilakukan proses identifikasi barang pada gudang untuk menyusun list stok barang yang harus diambil. Setiap konsumen tentu akan melakukan pemesanan produk yang beragam dan stok barang tersebut perlu diambil dari beberapa area penyimpanan dalam gudang.


2. Penentuan Lokasi Penyimpanan Stok Barang

Setelah pesanan diidentifikasi, staff gudang akan melakukan pemetaan area penyimpanan berdasarkan picking list yang ada. Tahap ini sangat penting untuk menentukan rute pengambilan barang yang paling efisien. Penentuan area penyimpanan ini dapat dilakukan secara manual, ataupun bisa diotomatisasi melalui penerapan Software Gudang. Dengan adanya software gudang, perusahaan tidak hanya dapat memetakan letak penyimpanan stok barang, tetapi juga memastikan ketersediaan stok barang yang dibutuhkan. 


3. Proses Picking Stok Barang

staff gudang akan melakukan pengambilan stok barang berdasarkan list pesanan dan pemetaan area penyimpanan yang telah dioptimalkan untuk mengumpulkan barang dari berbagai lokasi. Dalam proses Sweep Picking, staff gudang tidak kembali ke titik awal setelah mengambil satu jenis stok barang dari satu lokasi, tetapi akan melanjutkan proses picking hingga semua stok barang yang di pesanan selesai dikumpulkan untuk diproses pada pengecekan dan pengemasan.


4. Konfirmasi dan Proses Packing

Setelah seluruh stok barang yang tertera pada pesanan diambil, stok barang tersebut akan diperiksa untuk memastikan kesesuaian dengan pesanan. Kemudian setelah proses konfirmasi selesai, staff gudang akan melanjutkan untuk proses packing sesuai pesanan sebelum dikirimkan atau diproses lebih lanjut.



Kelebihan Sweep Picking

Sweep Picking memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi metode yang optimal dalam manajemen gudang:


1. Efisiensi Waktu Picking

Dengan mengoptimalkan rute pengambilan, Sweep Picking memungkinkan staff gudang untuk mengumpulkan seluruh stok barang yang diperlukan dalam satu kali perjalanan, mengurangi jumlah perjalanan dan waktu tempuh yang diperlukan.


2. Pengurangan Biaya Operasional

Metode ini secara signifikan dapat mengurangi biaya operasional, terutama biaya tenaga kerja dan konsumsi energi, karena waktu pengambilan lebih singkat dan staff gudang tidak perlu berulang kali mengambil stok barang dari berbagai lokasi.


3. Produktivitas Tinggi

staff gudang dapat menyelesaikan lebih banyak pesanan dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini membuat penerapan sweep picking berkontribusi pada peningkatan produktivitas operasional gudang secara keseluruhan. Proses ini sangat membantu ketika gudang sedang mendapatkan volume pesanan yang tinggi.


4. Meminimalisir Kesalahan

Dengan rute yang sudah ditentukan dan dioptimalkan, peluang terjadinya kesalahan picking barang berkurang. Selain itu, setelah seluruh stok barang diambil, perusahaan juga perlu menerapkan pengecekan sebelum di proses untuk dikemas, sehingga tidak terjadi kesalahan pengiriman produk kepada konsumen.


Kekurangan Sweep Picking

Meskipun Sweep Picking menawarkan berbagai manfaat, ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan:


1. Memerlukan Penerapan Teknologi

Sweep Picking yang diterapkan dengan software gudang dan teknologi lainnya seperti perangkat RFID diperlukan agar pengelolaan stok barang berjalan dengan lebih efisien dan akurat. Sehingga perusahaan perlu melakukan investasi di awal untuk dapat menggunakan metode sweep picking secara optimal.


2. Kurang Cocok untuk Area Gudang Kecil

Jika memiliki gudang ukuran kecil atau melakukan pemenuhan pesanan yang sederhana, Sweep Picking mungkin tidak memberikan manfaat yang signifikan karena jarak tempuh tidak begitu penting dalam konteks ruang kecil.


3. Penyusunan Rute Optimal sangat Kompleks

Lonjakan permintaan dan ditambah dengan area penyimpanan dalam gudang yang besar akan membuat penyusunan rute picking menjadi kompleks. Jika pada tahap penyusunan rute dilakukan secara manual, besar kemungkinan proses manajemen stok barang secara keseluruhan menjadi tidak efisien. Terlebih lagi, jika terdapat rotasi stok barang dan letak penyimpanan banyak dilakukan perubahan.


Optimalisasi Sweep Picking dengan Software Gudang dan RFID Prieds

Untuk dapat mengoptimalkan manajemen stok barang dengan metode Sweep Picking, penerapan teknologi seperti software gudang dan RFID diperlukan. Kedua teknologi tersebut sangat membantu proses manajemen stok barang secara keseluruhan agar berjalan dengan efisien dan akurat.


Penerapan software gudang memiliki beberapa kelebihan dalam metode sweep picking. Teknologi ini dapat mengoptimalkan proses perencanaan rute dengan menentukan rute terbaik bagi staff gudang, memastikan data persediaan selalu diperbarui, mengelompokkan pesanan secara efisien sehingga barang-barang yang diambil oleh picker dapat diproses lebih cepat dan efisien.


Selain software gudang, penerapan RFID juga akan membantu proses picking lebih efisien dengan memudahkan pelacakan stok barang yang dibutuhkan dengan memanfaatkan gelombang radio. RFID yang diintegrasikan dengan software gudang dapat meningkatkan efisiensi waktu dan akurasi pengambilan stok barang, pemantauan stok barang secara langsung saat barang diambil atau dipindahkan, sehingga data persediaan selalu diperbarui, dan sekaligus memangkas waktu pengecekan sebelum dikemas.


Dengan menerapkan Software Gudang dan Sistem RFID, Prieds menawarkan teknologi yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan untuk mengoptimalkan sweep picking pada manajemen gudang melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur yang ditawarkan Sistem RFID Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dalam gudang dengan lebih optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait cara mengoptimalkan penerapan sweep picking pada manajemen stok barang dengan penerapan RFID dan Software Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli. Dapatkan Software yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.

0 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page