Mengapa Butuh Software ERP?

Software ERP, atau sistem perencanaan sumber daya perusahaan adalah sistem yang mengintegrasikan proses dan fungsi bisnis, mulai dari keuangan, manajemen HR, dan manufaktur hingga supply chain, manajemen hubungan pelanggan, dan pengadaan.

Penerapan software ERP sangat penting untuk kesuksesan bisnis karena dapat memberikan banyak keunggulan kompetitif, termasuk profitabilitas dan efisiensi operasional.

Dalam hal memilih software ERP yang tepat, apa yang berhasil di tahun 2019 belum tentu berhasil di tahun 2020 karena tantangan ERP dalam bisnis terus berkembang. Misalnya, sebagian besar perusahaan saat ini harus mengintegrasikan sistem Internet of Things (IoT) ke dalam software ERP untuk mengekstrak analisis pelanggan, pasar, atau supply chain yang kuat.

Panduan Memilih Software ERP

Berikut adalah faktor penting dalam memilih teknologi ERP yang tepat di tahun 2020-2021.

Infrastruktur

Pilih arsitektur ERP terbaik untuk anggaran dan proses bisnis Anda. Beberapa pertimbangan penting meliputi:

  1. Cloud: Hosting ERP Anda di cloud memberikan akses penuh waktu ke sumber daya sistem, dan meningkatkan kolaborasi real-time.
  2. Opsi penyebaran: Layanan pihak ketiga atau Amazon Web Services mungkin menghosting platform ERP Anda. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan teknologi di lokasi bersama dengan software yang sudah ada sebelumnya.
  3. Keamanan: Pertimbangkan keamanan fisik dan digital sistem dan data ERP Anda. Fitur seperti otentikasi pengguna Single Sign-On dan enkripsi HTTPS sangat penting untuk keamanan yang optimal.

Integrasi

Pilihlah software ERP yang dapat menopang infrastruktur manajemen backend bisnis Anda. Software ERP harus berintegrasi mulus dengan sumber daya digital yang dibutuhkan dan digunakan karyawan Anda setiap hari.

Teknologi ERP meningkatkan pembagian sumber daya digital diantara para pemangku kepentingan bisnis penting, seperti pelanggan, pemasok, dan produsen. Ekosistem yang sangat terintegrasi dari platform digital ini lebih mudah digunakan dan meningkatkan efisiensi berbagai fungsi bisnis.

Panduan Memilih Software ERP

Pilih Vendor Software ERP Yang Tepat

Pilih vendor software ERP dengan reputasi yang kuat untuk mengembangkan berbagai aplikasi bisnis dan industri. Produk mereka harus mampu mengintegrasikan keuangan, penggajian, sistem pembayaran, pengadaan, SDM, CRM, dan fungsi bisnis penting lainnya. Selain itu, vendor yang menawarkan sumber daya digital dalam skala global, termasuk cloud, pusat data, dan beberapa zona ketersediaan, menjamin mobilitas, keandalan, dan kelangsungan operasional software ERP Anda.

Baca juga:

Tentukan Kebutuhan Anda Dengan Cermat

Tentukan persyaratan ERP Anda dan identifikasi proses / fungsi perusahaan yang Anda perlukan untuk digitalisasi dan integrasi. Apakah Anda ingin memiliki sistem finance yang terintegrasi, mengotomatiskan tugas, atau meningkatkan manajemen hubungan pelanggan? Apa spesifikasi integrasi perangkat lunak Anda, persyaratan server, atau kebutuhan akses jarak jauh? Pastikan untuk mengidentifikasi mitra implementasi ERP dengan pengalaman dan keahlian yang tepat untuk industri Anda.

Internet of Things (IoT)

Penggabungan IoT ke dalam ERP dalam bisnis meningkatkan pengenalan otonom atas tren dan otomatisasi alur kerja inti sehari-hari. Misalnya, produsen semakin banyak menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi permintaan secara otomatis, merencanakan pengadaan bahan baku, dan menjadwalkan produksi berjalan. Selalu ingat IoT saat memilih solusi ERP. Ini dapat membantu mendorong efisiensi operasional dan daya saing dengan meminimalkan keterlibatan manusia dalam proses bisnis dan pengambilan keputusan sehari-hari.

Panduan Memilih Software ERP

Kesimpulan

Saat memilih software ERP, penting untuk mempertimbangkan tantangan bisnis yang Anda hadapi saat ini. Pikirkan tentang integrasi proses yang diperlukan untuk lingkungan bisnis spesifik Anda, dan opsi penerapan yang sesuai dengan anggaran dan operasi Anda. Pilih produk ‘pintar’ dengan kemampuan IoT, dan pastikan vendor dan mitra implementasi Anda memiliki reputasi yang baik. Sama pentingnya, pastikan untuk menentukan persyaratan ERP Anda dengan cermat. Prieds Technology adalah penyedia software ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik disini atau hubungi Whatsapp kami.