Pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung menunjukkan pentingnya transformasi digital dalam binis. Menurut studi dari McKinsey & Company, pandemi global ini justru mampu memicu percepatan dan perubahan digital dalam bisnis. Berdasarkan survei pada para eksekutif perusahaan global, perusahaan mereka mampu mempercepat transformasi digital hingga 7 tahun.

Nah, di sini akan kita bahas bagaimana pandemi dapat berpengaruh positif pada transformasi digital dalam bisnis dan dampaknya pada perusahaan Anda!

transformasi digital

1. Meningkatkan demand untuk belanja online

Adanya pandemi memaksa sebagian besar orang untuk tetap tinggal di rumah. Hal ini membuat konsumen lebih memilih belanja online. Dilansir dari CNN Indonesia, belanja online di kuartal kedua tahun 2020 meningkat 30% dibanding kuartal pertama tahun yang sama. Selain itu, jumlah konsumen baru juga meningkat drastis. Hampir 50% konsumen di bidang pendidikan, makanan, dan pinjaman adalah pengguna baru. Hal ini menunjukkan perubahan drastis pada gaya hidup dan pola pembelian konsumen, khususnya konsumen baru yang mulai beralih ke bisnis digital. Tentunya, naiknya demand ini bisa jadi peluang bagus bagi para pengusaha untuk beralih ke bisnis digital dan mencoba mengambil ceruk pasar baru yang diminati konsumen.

2. Meningkatkan remote working/kolaborasi online

transformasi digital
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Dalam beberapa tahun terakhir, tren munculnya digital nomad meningkat. Terbukti dengan menjamurnya bisnis co-working space dan café yang kerap digunakan untuk bekerja. Pandemi mengakselerasi tren ini karena adanya kebijakan Work From Home (WFH) yang diterapkan banyak perusahaan untuk mencegah penularan virus. Pandemi juga mengekspos fakta bahwa ternyata ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote, tidak terbatas pada pekerjaan dengan embel-embel digital. Ditambah lagi, adanya pandemi ini juga meningkatkan peluang kolaborasi online. Misalnya, sekarang rapat bisa dilakukan lewat Zoom, MS Teams, atau Google Meet. Hal ini juga memberikan peluang bagi pekerja untuk bekerja dari mana saja asalkan ada koneksi internet dan teknologi yang mendukung dan bagi pelaku usaha untuk efisiensi pengeluaran.

3. Meningkatkan penggunaan teknologi dalam keputusan bisnis

Salah satu dampak terpenting dari transformasi digital adalah meningkatkan penggunaan teknologi dalam keputusan bisnis. Pebisnis semakin sadar arti penting teknologi dalam menunjang keputusan bisnis dan operasional sehari-hari. Dari survei McKinsey & Company, lebih dari separuh responden mengaku investasi lebih banyak pada teknologi akan memberikan keunggulan kompetitif atau dapat mengubah fokus menjadi bisnis digital. Meningkatnya penggunaan teknologi ini juga tidak hanya akan dirasakan pemilik perusahaan, tetapi juga setiap karyawan di perusahaan tersebut. Misalnya, dengan menggunakan ERP berbasis IoT dari Prieds, sistem laporan keuangan di perusahaan Anda akan terintegrasi sehingga mengurangi beban kerja karyawan di bagian Akuntansi.

transformasi digital
Photo by Serpstat from Pexels

4. Meningkatkan kepedulian akan sekuritas data

Transformasi digital juga mendorong digitalisasi data sehingga data bisa diklasifikasikan dan dikategorikan sesuai permintaan. Digitalisasi data juga memerlukan keamanan data yang berlapis untuk melindungi data-data pribadi agar tidak disalahgunakan. Digitalisasi data ini juga erat kaitannya dengan cloud computing yang menawarkan penyimpanan data di awan. Semakin canggih metode penyimpanan data yang digunakan, seharusnya semakin canggih pula sekuritas datanya.

Untuk membantu transformasi digital pada perusahaan Anda, tak ada salahnya menggunakan Enterprise Resource Planning atau ERP. Secara umum, ERP bisa membantu manajemen data-data dan sistem perusahaan sehingga terintegrasi satu sama lain. Teknologi ERP dari Prieds dirancang berbasis IoT, artinya setiap device akan terhubung ke jaringan internet untuk mengumpulkan informasi. Di era remote working dan WFH seperti sekarang ini, Anda tidak perlu datang langsung ke kantor untuk menjalankan aktivitas perusahaan. Sistem ERP dan IoT akan memberikan Anda semua informasi yang dibutuhkan, mulai dari supply chain, produksi, keuangan, hingga sistem keamanan di kantor atau pabrik Anda.

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.