Sistem produksi yang termasuk dalam sistem ERP (Enterprise Resource Planning) mengintegrasikan semua aspek bisnis (sumber daya, operasi, pemantauan, pelaporan, penjualan, akuntansi dan keuangan). Industri manufaktur bersifat sangat dinamis dan kompetitif sehingga sangat penting bagi bisnis tersebut untuk memiliki solusi terintegrasi yang dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan penjualan dan profitabilitas.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak bisnis yang memilih solusi ERP. Berikut adalah 5 manfaat solusi yang dapat membantu Anda memahami mengapa setiap bisnis manufaktur harus memilihnya.

1. Sistem Produksi Mengotomatiskan Proses Bisnis 

Solusi ERP lengkap merampingkan proses bisnis dan mendorong otomatisasi untuk organisasi manufaktur. Dengan menyederhanakan proses, semua data tersedia di lokasi terpusat dengan visibilitas lengkap di semua fungsi – pengembangan, perancangan, inventaris, pengadaan, produksi, keuangan, penjualan, pengiriman, dan lainnya. Selain itu, setiap personel dapat memantau status produksi secara real time, tanpa ketergantungan pada individu atau tim. Dengan mengotomatiskan proses, perusahaan juga mengurangi ketergantungannya pada proses manual. Ini tidak hanya mempercepat proses produksi tetapi meminimalkan kesalahan dan meningkatkan profitabilitas secara signifikan.

2. Menanggapi Kondisi Pasar Lebih Cepat

Sistem ERP menyediakan analisis data waktu nyata yang membantu bisnis memperkirakan, merencanakan, menyesuaikan, dan merespons perubahan kebutuhan pasar dengan lebih baik. Pengambil keputusan mengacu pada laporan yang dihasilkan sistem secara berkala untuk memahami permintaan pasar yang bervariasi dan memanfaatkan tren pembelian pelanggan. 

sistem produksi manufaktur
Pengaturan Barang di Gudang Menjadi Efisien (Source: Unsplash)

3. Pengambilan Keputusan Strategis

Solusi ERP dan sistem produksi dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan pebisnis memiliki kontrol menyeluruh ke dalam setiap departemen dan proses bisnis yang membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang terinformasi, tepat, dan lebih cepat. Hal ini membantu perusahaan manufaktur tetap selaras dengan tujuan mereka dan mengambil keputusan internal yang diperlukan jika diperlukan. Visibilitas lengkap dari proses dan departemen internal juga membantu manajemen untuk mengoptimalkan operasi sehari-hari.

Baca juga:

4. Sistem Produksi dapat Kurangi Biaya

software ERP yang kuat membantu organisasi manufaktur mengurangi keseluruhan biaya operasional karena proses manual yang memakan waktu digantikan oleh proses otomatis yang disederhanakan dengan informasi bisnis waktu nyata. Selain itu, dengan meningkatkan produktivitas pekerja, solusi ERP meminimalkan biaya tenaga kerja, dan presisi yang ditingkatkan serta tingkat kesalahan yang lebih rendah mengurangi kerugian. Kemampuan untuk melacak inventaris secara akurat dan mengintegrasikannya secara efisien dengan perencanaan produksi menghilangkan kelebihan persediaan dan biaya pergudangan. 

sistem produksi manufaktur
Sistem Produksi Manufaktur (Source: Unsplash)

5. Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Perencanaan produksi yang akurat, kontrol yang ditingkatkan atas inventaris, penjadwalan proses yang efisien, memungkinkan produsen untuk meningkatkan pengiriman produk tepat waktu. Hal ini penting untuk menjaga kepuasan pelanggan. Solusi ERP untuk organisasi manufaktur menawarkan data secara real-time sehingga pengambil keputusan dapat melihat tingkat inventaris yang realistis kapan saja.

Meskipun manfaat dari sistem perencanaan sumber daya perusahaan untuk bisnis manufaktur cukup banyak, hanya menggunakan software apa pun tidak akan membantu Anda mencapai tujuan organisasi Anda. Anda harus bermitra dengan penyedia solusi ERP berpengalaman untuk mendapatkan software yang tepat untuk bisnis Anda. 

Modul Produksi dari Prieds Technology dapat membantu anda. Perencanaan, perhitungan beban produksi serta melakukan penjadwalan produksi berdasarkan supply demand pada penjualan maupun inventory. Beberapa fitur utamanya adalah:

  • Costing
  • Bill of Material
  • Production Planning (Make to Stock or Make to Order)
  • Overhead Production Management
  • Inventory Control
  • Formula Production
  • Estimation and Budget

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik disini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.