Buat Anda yang bergerak di industri ritel atau retail, masa pandemi ini bisa jadi musibah atau malah berkah. Dari data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, dampak pandemi masih akan terasa pada bisnis ritel hingga kuartal ketiga 2021, ditandai dengan maraknya penutupan gerai-gerai ritel selama setahun belakangan. Di sisi lain, berdasarkan riset eyos, tidak semua bisnis ritel terpuruk, bahkan bisnis ritel modern dan ritel lokal menunjukkan tren positif, terutama bisnis yang berbasis online atau e-commerce yang malah booming di saat pandemi.

Salah satu kunci keberhasilan ritel bertahan di kala pandemi adalah inovasi. Pebisnis harus terus melakukan inovasi dan beradaptasi terhadap situasi yang ada untuk menyelamatkan bisnis dan bahkan memperoleh keuntungan. Nah, untuk itu industri ritel sebaiknya mulai merilik penggunaan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Internet of Things (IoT) untuk menunjang bisnis mereka. Penggunaan ERP dan IOT dapat menunjang berbagai aspek bisnis, baik dari sisi pelanggan atau dari sisi manajemen. ERP dan IoT ini juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk mendukung rantai pasok (supply chain) yang optimal. Berikut beberapa manfaat ERP dan IoT untuk industri ritel, khususnya dalam hal supply chain!

Pemanfaaatan dalam Supply Chain

Di era ini, pebisnis ritel harus membangun supply chain yang smart, efisien, dan sesuai demand. Pebisnis tidak hanya cukup memenuhi demand produk, tetapi juga harus memenuhi ekspektasi konsumen seperti pengiriman cepat, informasi tracking, dan retur barang. Dengan menggunakan supply chain yang berbasis ERP dan IoT seperti yang ditawarkan Prieds, industri ritel dapat memiliki satu sistem terpusat dengan database untuk akses berbagai informasi yang dibutuhkan, seperti inventaris stok barang, stok bahan baku, distribusi, pengiriman, dan lain-lain. Integrasi ini akan sangat berguna untuk ritel dalam mengakses semua kebutuhan bisnis dan mengeksekusi keputusan secara tepat dan akurat. Sistem ERP dan IoT untuk retail juga dapat dimanfaatkan untuk tracking, multi-channel fulfillment, routing, customer loyalty, dan people count.

a.      Tracking

Manfaat ERP & IoT Ritel
Prieds RFID Scanner

Tracking barang menggunakan IoT dimungkinkan dengan adanya sensor, scanner, barcode, QR code, dan RFID. Data yang masuk ke sistem terjadi secara real-time, sehingga baik dari sisi perusahaan maupun konsumen bisa melacak posisi barang dan apa yang terjadi pada barang tersebut. Rantai pasok untuk barang-barang yang mudah rusak, seperti makanan mentah, juga dapat menggunakan sensor temperatur dan kelembapan sehingga dapat mengurasi potensi rusaknya makanan.

b.     Multi-channel Fulfilment

Manfaat ERP & IoT Ritel
Source : Mucheco

Dalam pasar yang kompetitif, konsumen mengharapkan barang bisa dikirimkan dalam waktu sesingkat mungkin. Oleh karena itu, perusahaan bisa sukses bila menerapkan distribusi dengan banyak saluran (multi-channel) dan gudang distribusi seperti yang dilakukan Amazon di AS. Untuk itu, penggunaan ERP dan IoT untuk retail jadi krusial untuk menghubungkan antarsaluran distribusi agar barang bisa sampai ke konsumen dengan lebih cepat.

c.      Routing

Sistem ERP dan IoT bisa mengotomasi rantai pasokan ritel dengan teknologi analisis prediktif yang menganalisis kemungkinan rute pengiriman yang paling cepat dan hemat biaya. Hal ini terutama berguna untuk suplai barang yang mudah rusak atau barang-barang yang dibutuhkan dalam jangka waktu singkat.

d.     Customer loyalty

Manfaat ERP & IoT Ritel

Rantai pasok yang optimal bisa berpengaruh pada kesetiaan pelanggan. Dalam bisnis ritel, mendapatkan umpan balik positif dan mempertahankan pelanggan sangat penting untuk kebelangsungan bisnis. Nah, penggunaan ERP dan IoT bisa mengoptimalkan rantai pasok usaha Anda sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan efisien, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendukung profitabilitas.

e.      People Count

Di era pandemi, bisnis ritel dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan, antara lain dengan membatasi kapasitas pelanggan di toko sesuai aturan social distancing. IoT untuk retail bisa membantu memperhitungkan jumlah orang (people count) dengan sensor yang terhubung di pintu masuk/keluar. Bahkan setelah pandemi ini berakhir, sensor ini juga akan berguna untuk menghitung konversi penjualan dari calon konsumen.

Prieds Technology

Manfaat ERP & IoT Ritel

Untuk menunjang bisnis Anda, Prieds menyediakan teknologi terlengkap bagi industri ritel, di antaranya Point of Sales (POS) dan E-commerce. Prieds juga mengembangkan sistem ERP dan IoT yang terintegrasi untuk semua aspek bisnis, mulai dari manajemen, keuangan, sales, hingga supply chain.  Untuk solusi ERP dan IoT retail, Prieds siap menjadi mitra Anda!Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.