Outsourcing Teknologi dalam Bisnis

Seringkali sebuah bisnis dihadapkan pada pilihan, memilih untuk outsourcing dan berpartner dengan penyedia teknologi atau mengembangkan in-house team untuk menyediakan solusi bisnis. Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda ingin menyediakan yang terbaik bagi klien dan konsumen. Nah, sayangnya tidak semua hal bisa Anda kerjakan sendiri. Ada hal-hal yang bisa Anda outsourcing untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Selain itu, untuk membangun bisnis, Anda tidak bisa berjalan sendirian tapi juga membutuhkan orang lain yang bisa membantu bisnis Anda tumbuh dan semakin maju. Untuk itu, Anda mungkin butuh bermitra dengan penyedia teknologi seperti Prieds dibandingkan membangun teknologi secara internal.

Di sini kami akan membedah beberapa manfaat melakukan outsourcing teknologi dalam bisnis!

1. Cost Lebih Murah

Secara umum, outsourcing teknologi bisa menghemat biaya yang terkait dengan pengembangan software atau pengembangan talenta yang akan mengoperasikan teknologi tersebut. Dengan mengalihkan pekerjaan pengembangan software atau aplikasi ke perusahaan atau orang lain, Anda bisa menghapus biaya infrastruktur dan biaya operasional yang tinggi. Melatih karyawan yang sudah ada untuk mempelajari teknologi baru pasti memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Anda juga tidak perlu repot-repot merekrut karyawan baru setiap muncul teknologi baru karena merekrut orang baru juga akan menambah beban perusahaan. Lebih baik Anda alihkan sumber daya yang ada untuk bagian lain yang lebih penting dan outsource teknologi yang tidak Anda kuasai pada ahlinya.

2. Penyedia Teknologi Lebih Berpengalaman dalam Bidang Bisnis

teknologi bisnis outsourcing
source : unsplash

Hal lain yang perlu digarisbawahi adalah pengalaman dan kemampuan penyedia teknologi dalam mendukung bisnis Anda. Pengalaman mereka tidak hanya sebatas pada teknologi atau framework baru, tetapi juga pengalaman dalam mendesain, mengelola, dan menangani setiap aspek teknologi yang dikembangkannya. Sehingga kalau pun ada masalah, maintenance akan ditanggung oleh penyedia teknologi. Bisnis Anda juga bisa belajar dari penyedia teknologi yang berpengalaman. Anda bisa mendapat ide-ide yang baru, perspektif yang berbeda, dan solusi yang inovatif untuk masalah Anda.

Misalkan Anda sekarang pengusaha di bidang tekstil. Anda ingin usaha Anda lebih maju dan sistemnya diupgrade sesuai perkembangan zaman. Anda bisa memakai solusi ERP berbasis IoT dari Prieds untuk mengintegrasikan sistem produksi, pembayaran, distribusi hingga laporan keuangan. Selain itu, bisnis Anda bisa dimonitor kapan saja dan di mana saja sehingga Anda punya kontrol penuh. Dengan sistem ERP dari Prieds, Anda jadi tahu kondisi perusahaan secara lebih holistik dan bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

3. Penyedia Teknologi Punya Best Practice Industri

teknologi bisnis outsourcing

Penyedia teknologi terbaik akan paham best practices di industrinya. Ibaratnya Anda bisa serahkan masalah Anda pada ahlinya. Hal ini karena mereka sudah punya pengetahuan (know how) dan pengalaman (experience) dalam menjalankan best practices. Berhubungan dengan poin nomor 1, Anda tidak perlu menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya untuk melakukan trial and error karena penyedia teknologi Anda sudah punya pengalaman untuk menciptakan solusi yang terbaik. Ditambah lagi, Anda juga meminimalisasi risiko kegagalan dengan memakai partner outsourcing yang ahli di bidangnya. Selain itu, partner Anda juga bisa menambal kekurangan pada bisnis Anda dan memberikan solusi terbaik. Misalkan Anda bergerak di bidang manufaktur dan belum pernah memakai ERP untuk bisnis. Kalau Anda bermitra dengan Prieds yang sudah berpengalaman selama 4 tahun dalam mengembangkan ERP, tentunya Anda akan lebih yakin soal kualitas ERP dari Prieds dibanding mengembangkan sendiri teknologi ERP.

Dalam bisnis, outsourcing biasanya dilakukan agar mendapat kualitas terbaik dengan harga yang lebih murah dibanding mengembangkannya sendiri. Ternyata manfaat outsourcing bukan itu saja. Anda juga bisa mendapat pengalaman dan best practices dari industri jika outsource dari penyedia teknologi terpercaya. Dengan begitu Anda tak perlu ragu untuk bergandengan tangan dengan penyedia teknologi. Untuk solusi ERP bisnis, Prieds siap menjadi mitra Anda!

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.