Apa yang terlintas di benak Anda soal IoT? IoT nggak cuma soal Smart Home aja loh yang bisa matiin lampu, AC, dan TV. Ada banyak hal di sekitar kita yang berhubungan dengan IoT. IoT itu sendiri apa? IoT adalah singkatan dari Internet of Things, artinya kita bisa mengendalikan benda-benda dari jarak jauh menggunakan internet. Jadi, penggunaannya tidak hanya sebatas pada rumah, tapi bisa juga untuk hal-hal lain. Bahkan, IoT sekarang juga dipakai untuk perkantoran dan pabrik. Mau tahu contohnya?

Smart Office

IoT Prieds
Source : Instagram Prieds @prieds.tech

Smart Office ini akan membantu kantor untuk memantau karyawan dan mengatur peralatan di perkantoran. Smart Office memiliki fitur face recognition yang bisa membantu absensi karyawan dan terhubung dengan payroll. Fitur ini bisa meminimalisasi kecurangan dan kesalahan sistem absensi manual. Sedangkan fitur power management dapat memantau pemakaian listrik di kantor. Bahkan, fitur ini dapat mematikan perangkat yang dianggap boros secara otomatis. Contohnya, mendeteksi jumlah orang di ruangan dan mematikan listrik di ruangan kosong. Teknologi ini bisa menghemat hingga 70% biaya pencahayaan dan 30% biaya pemanas untuk beberapa bisnis. Selain itu, perangkat yang telah terintegrasi bisa memantau karyawan dari jarak jauh dan menghemat biaya overhead. Smart Office tidak hanya memberikan keuntungan bagi karyawan, tetapi juga bagi pemilik bisnis dalam memantau kantor agar tidak terjadi pemborosan.

Smart Warehouse

Di gudang maupun di pabrik, sering dipakai untuk menghitung dan memantau stok bahan baku, barang jadi dan melakukan stock opname dengan teknologi Radio-Frequency Identification (RFID). Fitur ini bisa mengurangi potensi kehilangan barang dan kerugian di supply chain akibat kesalahan manual. Selain itu, pabrik juga lebih mudah melihat kebutuhan produksi dan keluar masuk barang jika menggunakan Smart Warehouse. Dengan Smart Warehouse yang dapat menyentuh seluruh lini produksi, perencanaan dan proses produksi dapat terintegrasi dengan lebih baik. Ujung-ujungnya rantai pasok menjadi lebih efisien dan berjalan dengan semestinya.

Smart Factory

IoT Prieds
Source : Unsplash

Dengan Smart Power Management, pabrik dapat mengontrol konsumsi listrik di pabrik yang tergolong sangat besar. Sebagai contoh, IoT dapat mendeteksi mesin atau sistem yang melakukan pemborosan dan memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi konsumsi listrik. Fitur ini juga dipadukan dengan sensor-sensor yang menghitung barang jadi dan mengukur lifetime mesin di pabrik untuk maintenance. Semuanya bisa dipantau secara real-time dan serba otomatis sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas pabrik. Kesalahan dapat dideteksi lebih awal sehingga masalah dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Wah, ternyata IoT tidak hanya untuk rumah saja tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung operasional bisnis Anda. Bisnis Anda akan memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang digaungkan pemerintah dan pelaku usaha sejak beberapa waktu lalu. Internet of Things sendiri telah digunakan Prieds untuk mengembangkan Enterprise Resource Planning atau ERP. Untuk mengembangkan bisnis Anda, Prieds Technology menawarkan kombo ERP dan IoT sebagai solusi yang akan membantu bisnis Anda dengan optimal.

IoT Prieds

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.