Kalian sudah pernah denger soal smart living atau smart home? Apa sih arti kata smart di situ? Nah kali ini kita akan membahas penerapan teknologi untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, khususnya dengan teknologi Internet of Things (IoT). Internet of Things atau IoT bisa diartikan sebagai perluasan sistem internet yang memberikan kita data untuk menjalankan hidup secara lebih efisien. Teknologi IoT ini berfungsi seperti jaringan yang menyambungkan device ke internet dengan menggunakan sensor, perangkat lunak, dan jaringan internet. Dengan IoT kita bisa mengontrol segalanya lewat handphone dan melakukan otomatisasi (automation). Maka dari itu, IoT bisa mendukung gaya hidup smart living dan smart home yang sedang populer di abad ke-21 ini.

Apa saja fitur yang biasa digunakan? Yuk kita bahas satu-persatu.

1.      Manajemen Energi Smart

smart living iot

Fitur yang satu ini bisa menghemat energi dan memberikan kemudahan bagi pengguna. Misalnya sekarang sudah ada smart lighting, lampu LED yang didesain untuk nyala dan mati sendiri menggunakan sensor. Di ruangan kosong, lampu akan mati, tetapi jika terdeteksi aktivitas manusia, lampu akan menyala dengan sendirinya. Manajemen energi ini juga bisa digunakan untuk mengontrol AC atau pemanas ruangan dan pengairan tanaman sehingga bisa menghemat listrik dan air.

2.      Smart Voice Control

Fitur kedua ini sudah cukup familiar di Indonesia. Penggunaannya sederhana, kita bisa mengontrol atau memerintah voice assistant untuk membantu melakukan berbagai hal dengan suara kita, misalnya memutar musik, mendengarkan berita, menyalakan lampu, hingga membukakan akses pintu dan jendela. Mengingat penggunaannya yang beragam untuk mendukung smart living dan smart home IoT, tak heran perusahaan kelas dunia berlomba-lomba menjadi nomor satu di bidang ini. Misal, Amazon punya Alexa, Google punya Google Home, dan Apple punya Siri. Di HP Android juga ada fasilitas Google Assistant, sedangkan Microsoft mengembangkan Cortana untuk OS Windows.

3.      Security System IoT

smart living iot
Source : Unsplash

Jaringan IoT juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan security system yang andal bagi perusahaan dan rumah pribadi. IoT bisa dikembangkan untuk mendukung pemanfaatan CCTV, alarm, akses masuk, dan intercom. Sistem IoT yang terintegrasi dapat membantu mendeteksi adanya kesalahan atau tindak kriminal. Kita bisa memantau CCTV dan mengontrol akses masuk dari jarak jauh (remote). Hal ini akan berguna orang-orang yang khawatir soal keamanan rumah atau keluarga di rumah. Pemanfaatan IoT untuk security system juga sangat berguna bagi perusahaan, terutama perusahaan yang memiliki lahan luas atau pabrik untuk memantau lokasi. Sistem ini akan sangat membantu petugas keamanan, baik di lingkungan rumah ataupun lingkungan perusahaan. Di sisi lain, sebagai pengguna kita juga harus aware dengan celah keamanan pada IoT yang bertumpu pada jaringan internet ini. Jika ada cyber attack atau ancaman fisik dari luar maka sistem bisa lumpuh. Di sinilah peran penting pengembang dan pengguna untuk terus melindungi dan memperbaiki sistem IoT.

Ngomong-ngomong soal IoT, selain untuk rumah dan menunjang gaya hidup Anda, IoT juga bisa digunakan untuk sistem Enterprise Resource Planning atau ERP perusahaan. Penggunaannya mudah, sistemnya juga terintegrasi agar efisien dan hemat biaya. Maka dari itu, Prieds Technology mengembangkan sistem ERP berbasis IoT yang dapat memberikan solusi dengan tepat dan akurat untuk bisnis Anda. Kalau perusahaan Anda butuh ERP berbasis IoT untuk mendukung bisnis, percayakan pada Prieds ya! 

Sistem ERP dan IoT Terbaik Indonesia

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami di +62 823-1091-2251.