Manajemen pelanggan adalah salah satu bagian terpenting yang harus dijaga untuk meningkatkan pendapatan. Pelanggan Anda yang sudah ada adalah sumber pendapatan terpenting Anda, terutama di tengah wabah COVID-19 yang sedang berlangsung. Kami tahu, menjaga loyalitas pelanggan menjadi semakin menantang karena pemberlakuan pembatasan sosial sebagai upaya mencegah penyebaran virus. Terlepas dari tantangannya, Anda dapat menerapkan beberapa cara untuk mempertahankan pelanggan Anda selama krisis, mulai dari konten hingga sistem manajemen pelanggan atau CRM.

manajemen pelanggan (CRM)
sumber: unsplash.com

1. Tunjukkan Pelanggan Bahwa Anda Peduli

Menunjukkan kepekaan dan perhatian Anda adalah salah satu metode retensi pelanggan terbaik yang berhasil. Sebuah survei konsumen yang dilakukan oleh Harvard Business School, menunjukkan bahwa:

  • 89% konsumen ingin merek memproduksi barang yang membantu orang menghadapi tantangan terkait pandemi
  • 89% ingin merek menawarkan produk gratis atau berdiskon kepada petugas kesehatan, kelompok rentan, dan pengangguran
  • 54% hanya mempertimbangkan produk baru jika mereka mengatasi masalah terkait COVID-19

2. Coba Pendekatan yang Dipersonalisasi

Di toko fisik, orang akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memutuskan apa yang akan dibeli, karena mereka ingin melihatnya terlebih dahulu. Namun saat berbelanja online, orang cenderung langsung mencari barang yang ingin mereka beli. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan personal untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian.

Anda dapat menarik data konsumen untuk menemukan mereka yang memeriksa produk Anda di situs web Anda atau melalui iklan media sosial Anda. Kemudian, Anda dapat menampilkan kembali produk tersebut di berbagai halaman web atau melalui email. Metode ini dikenal sebagai penargetan ulang atau pemasaran ulang.

manajemen pelanggan (CRM)
sumber: unsplash.com

3. Sesuaikan dengan Kebiasaan Pelanggan Baru

Perilaku konsumen tiba-tiba berubah, terutama setelah lockdown / PSBB diberlakukan. Orang-orang fokus pada produk yang lebih murah. Mereka memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan dasar dan produk kesehatan. Untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap merek Anda, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan perilaku baru mereka.

Memberikan diskon bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga loyalitas konsumen dalam situasi saat ini. Anda juga bisa melakukan penyesuaian pada produk Anda, misalnya dengan memproduksi barang-barang yang banyak diminati seperti sembako, masker, hand sanitizer, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Anda mungkin juga ingin memeriksa inventaris Anda. Pastikan inventaris di tangan Anda berisi barang yang paling dicari. Hindari pembelian yang tidak perlu. Pertahankan level stok Anda menggunakan sistem manajemen inventaris yang tepat.

4. Tingkatkan Kehadiran Anda di Media Sosial 

Karena Anda tidak dapat melayani pelanggan secara langsung, penting untuk memberitahu mereka bahwa merek Anda tetap aktif. Media sosial adalah media terbaik untuk menghubungkan merek Anda dengan pelanggan. Memposting di media sosial secara teratur akan membantu mengingatkan mereka tentang merek Anda.

manajemen pelanggan (CRM)
sumber: unsplash.com

5. Buat Konten yang Relevan & Bermanfaat

Orang akan lebih tertarik dengan merek Anda jika mereka dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat darinya. Oleh karena itu, jangan hanya fokus pada penjualan, tetapi juga memberikan solusi. Tingkatkan keterlibatan dengan mengirimkan artikel yang relevan dan bermanfaat kepada pelanggan Anda. Melakukan webinar juga patut untuk dicoba.

6. Tingkatkan Pengalaman Manajemen Pelanggan Anda

Orang-orang membutuhkan cara yang lebih cepat dan mudah untuk berbelanja. Jika pelanggan Anda merasa kesulitan untuk membeli produk atau layanan Anda, mereka mungkin mencari merek lain yang memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Ada tiga hal yang harus Anda lakukan:

  • Tingkatkan navigasi di situs web Anda agar pelanggan dapat menemukan apa yang mereka cari dengan lebih mudah
  • Sederhanakan proses pembayaran untuk pelanggan dengan menampilkan semua informasi penagihan dalam satu tampilan
  • Menyediakan berbagai metode pembayaran (multiple payment gateway) untuk mempercepat proses checkout
manajemen pelanggan (CRM)
sumber: unsplash.com

7. Menggunakan Sistem CRM (Customer Relationship Management) / Sistem Manajemen Pelanggan

Menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan bahkan di saat krisis dapat membantu meningkatkan loyalitas. Tinjau riwayat pelanggan Anda melalui sistem CRM dan kirimi mereka pesan yang mengingatkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda lagi. Izinkan mereka menghubungi Anda melalui WhatsApp atau obrolan langsung. Anda juga dapat mengirimi mereka survei berkala dan meminta mereka untuk memberikan saran. Anda dapat melihat lebih lanjut sistem CRM dari PRIEDS Technology disini.

Sebagai konsultan ERP terkemuka di Indonesia yang sudah dipercaya lebih dari 12 industri, PRIEDS Technology dengan senang hati memberikan solusi software yang tepat untuk bisnis Anda selama pandemi COVID-19. Hubungi kami dan dapatkan konsultasi gratis.