Saat ini, tentunya begitu banyak kantor dan bisnis yang cara kerjanya ‘dipaksa’ untuk berubah oleh COVID-19. Di era New Normal, begitu banyak transformasi yang dilakukan dalam bisnis, dan tentunya istilah ‘contactless’ menjadi hal yang sangat penting. Dengan adanya social distancing, kantor dan bisnis harus mengikuti ketentuan, dan hal ini diikuti dengan beberapa implementasi teknologi dan sistem ERP. Berikut adalah 5 tren implementasi transformasi digital yang dilakukan dalam berbagai bisnis.

5 Tren Implementasi Transformasi Digital

1. Smart Office dan Meeting Room

Implementasi Transformasi Digital
Penerapan OFIS (Smart Office IoT System) di kantor Blue Power Technology, Jakarta

Smart office, atau ‘Sistem Ruang Kerja Cerdas’ adalah implementasi transformasi digital sebagai solusi bagi kantor saat ini yang memungkinkan kolaborasi antara pekerja dan meningkatkan produktivitas mereka sehingga karyawan merasa nyaman bekerja di kantor. Dilengkapi dengan teknologi Internet of Things (IoT), Smart Office akan menjadi pilihan terbaik bagi organisasi untuk menciptakan lingkungan kantor yang cerdas saat ini. Sensor IoT membantu mengontrol segala sesuatu mulai dari booking meeting room otomatis dan penjadwalan atau reservasi ruangan, pencahayaan cerdas (smart lighting) di kantor, suhu ruang, hingga respons darurat. Solusi ini disediakan oleh Prieds Technology dan telah diterapkan diberbagai kantor di Jakarta, siap untuk diterapkan dimanapun, kapanpun. Kami adalah partner dari teknologi One Future of Interconnected workspace for Smart workforce (OFIS) di Indonesia. Simak videonya disini.

2. Sistem HRD & Absensi Karyawan Contactless Dengan Pengukur Suhu

Implementasi Transformasi Digital
Absensi Contactless Prieds Technology dengan Face Recognition

Di masa sekarang, tentunya perusahaan mulai memperbolehkan karyawan untuk masuk kembali ke kantor dengan syarat tertentu. Salah satunya adalah menghindari gejala COVID-19 yaitu suhu diatas 37.5 derajat Celcius. Dengan sensor suhu otomatis dan absensi karyawan contactless dengan fitur facial recognition, tentunya kantor dapat merasa aman untuk menerapkan sistem penjadwalan karyawan untuk secara gradual memasuki kantor kembali. Selain itu, sistem penjadwalan dan absensi ini memerlukan software dan dashboard yang terintegrasi dengan sensor tersebut agar monitoring dan tracing real-time semakin mudah. Prieds Technology telah menerapkan sistem HR di berbagai kantor di Jakarta untuk memudahkan monitoring karyawan. Dengan sistem, Anda dapat mengelola absensi terintegrasi dengan mesin absensi tanpa perlu repot menarik data manual. Ini sangat memudahkan dalam mengatur cuti dan gaji karyawan.

3. Customer Relationship Management (CRM)

Implementasi Transformasi Digital
Customer Relationship Management (CRM) (Source: Perfect View)

Sales dan marketing saat ini tentunya beralih ke online, dan banyak bisnis yang kewalahan dengan update sales selama masa pandemi. Sistem Customer Relationship Management (CRM) atau Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan, dapat membantu Anda. Sistem end-to-end ini dapat digunakan untuk update sales dan marketing lead dari berbagai channel, mengetahui konversi sales, ticketing dan mengurus komplain dari pelanggan atau klien, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Dengan adanya sistem CRM sebagai bagian dari sistem ERP, semua dapat dimonitor dengan satu sistem dan tidak perlu ada sales lead yang terlewat sia-sia, atau komplain yang tidak terjawab. Hal ini memungkinkan Anda dapat menciptakan hubungan klien yang baik.

4. Smart Warehouse dan RFID

Implementasi Transformasi Digital
IoT Ecosystem Creates an Optimized Smart Warehouse (Source: ReadWrite)

Urusan pergudangan seringkali menjadi masalah besar bagi pelaku usaha. Dengan ribuan jumlah stok dan beberapa lokasi gudang, stok yang hilang dan tidak tercatat seringkali tidak bisa dihindari. Namun, saat ini teknologi telah memungkinkan pencatatan secara akurat untuk barang-barang di gudang. Smart Warehouse atau ‘Gudang Pintar’ dengan teknologi RFID dan Internet of Things (IoT) memudahkan Anda untuk mengetahui lokasi barang tertentu dan bahkan hingga sistem logistik pengantaran barang. Dengan Warehouse Inventory Management atau sistem inventori yang merupakan bagian dari sistem ERP Prieds Technology, Anda dapat melakukan pelacakan stok dengan rapi dan dapat dengan mudah mengelolanya untuk merencanakan pembelian dan stock opname.

5. Penggunaan Sistem ERP (Enteprise Resource Planning)

Sistem ERP Terbaik Indonesia Prieds - Mockup
Sistem ERP Terintegrasi Prieds Technology

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem manajemen perusahaan atau bisnis yang mencakup berbagai bagian dalam bisnis. Semua hal yang telah dibicarakan sebelumnya, termasuk finance atau akuntansi, HR, CRM, warehouse, document management, adalah bagian dari sistem ERP. Dengan adanya integrasi antar sistem, hal ini memudahkan monitoring dan audit perusahaan. Seringkali, kesalahan terbesar dari sebuah usaha adalah tidak adanya komunikasi yang jelas antar divisi atau bagian. Selain itu, bisnis yang tidak terintegrasi memunculkan banyak bottleneck untuk berkembang lebih besar. Sistem ERP menjadikan semuanya terintegrasi dalam satu sistem dengan performance metrics yang jelas dalam sebuah dashboard. Dengan demikian, perusahaan dapat fokus untuk bertumbuh dan berkembang dari segi bisnis. Sistem ERP oleh Prieds Technology dapat mencakup modul atau bagian-bagian yang diperlukan perusahaan, sehingga sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga: