Segmen e-commerce menjadi sangat kompetitif dan permintaan pelanggan semakin kompleks dan canggih. Pebisnis e-commerce harus bekerja keras untuk menonjol dari persaingan dan mengembangkan bisnis mereka. Berikut adalah 4 tips berjualan di marketplace yang akan membantu Anda untuk menonjol dan mengembangkan bisnis Anda melalui marketplace.

1. Tingkatkan Visibilitas dan Gunakan Keyword yang Tepat 

Salah satu minat penting untuk hadir di marketplace adalah visibilitas yang mereka berikan. Dengan menempatkan penawaran Anda di Lazada, Shopee, atau Tokopedia, Anda akan mendapatkan keuntungan dari kekuatan pemasaran dan peningkatan eksposur untuk produk Anda. 

Jika Anda seorang reseller, penawaran Anda kemungkinan besar akan dikaitkan dengan pesaing Anda. Terkadang Anda bersaing dengan banyak dari mereka untuk mendapatkan produk yang sama. Dalam situasi seperti ini, visibilitas Anda sangat bergantung pada harga dan metrik layanan. 

Marketplace akan mempromosikan pedagang yang memberi pelanggan pengalaman terbaik. Selain harga yang menarik, gunakan keyword yang akan dicari untuk produk tersebut. Masukkan deskripsi yang jelas. Misalnya, jangan hanya gunakan merek untuk nama produk, tetapi juga sedikit deskripsi produk, seperti ‘[Merk AAA] – Minyak telon bayi / Baby oil”. Buatlah dalam bahasa Inggris dan Indonesia jika mungkin.  Buat penawaran produk Anda, dan Anda memiliki kesempatan untuk membuatnya terlihat, disukai, dan dapat dijual.

Tips berjualan di marketplace

2. Ketahui Persyaratan Produk Marketplace

Seperti yang akan segera Anda sadari, ada beberapa persyaratan yang sering kali spesifik untuk masing-masing e-commercce. Namun, beberapa umum untuk semua.

Pertama, ini berkaitan dengan gambar produk. Marketplace telah meningkatkan standar terkait kualitas gambar dan format. Selalu periksa kriteria ini sebelum memulai. Kemudian, pastikan logistik Anda mampu memberikan tingkat pelayanan minimum yang diperlukan dalam hal pengembalian. Referensi waktu pengembalian dan waktu respons minimum. Beberapa e-commerce juga memiliki waktu tunggu yang cepat sebelum membatalkan penjualan, jadi bersiaplah.

3. Pilih Marketplace yang Tepat untuk Anda

Ketika Anda memulai, pertanyaan pertama Anda mungkin adalah e-commerce mana yang harus Anda pilih, dan kriteria apa yang harus saya pilih. Ada banyak marketplace, dan sangat menggoda untuk berjualan di mana-mana. Tapi, hati-hati ada kesepakatan yang perlu Anda masuki dan mengatur logistik, yang tidak boleh Anda anggap enteng. Oleh karena itu, mulailah dengan menerapkan perusahaan Anda ke maksimum tiga marketplace dan mungkin memberikan prioritas kepada mereka yang memiliki persyaratan lebih rendah terkait daya tanggap dan layanan pelanggan. Ini akan memungkinkan Anda untuk mempersiapkan secara tepat untuk sukses di marketplace terbesar.

Semua e-commerce tidak memiliki visibilitas yang sama. Beberapa akan memiliki SEO yang lebih baik daripada yang lain untuk jenis produk Anda. Lakukan pencarian Google sederhana untuk item andalan Anda untuk mengidentifikasi platform yang akan memberi Anda lebih banyak visibilitas. Terakhir, jangan lupa sebagian besar marketplace dibayar melalui komisi penjualan dan langganan bulanan tetap. Oleh karena itu, antisipasi dampak biaya ini terhadap margin keuntungan Anda saat menentukan pilihan.

4. Gunakan Sistem Integrasi untuk Manajemen Order dan Stok 

Setelah Anda menentukan pilihan dan katalog Anda tersedia di marketplace, Anda harus mengoptimalkan proses manajemen pesanan.

Banyak solusi telah muncul dalam beberapa tahun terakhir seperti manajemen inventaris dan software yang diintegrasikan ke situs web e-commerce Anda. Sistem secara real-time memperbarui katalog dan pesanan antara situs dan marketplace Anda. PRIEDS Marketplace adalah produk terbaru dari PRIEDS Technology yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek strategi marketplace Anda, tujuannya adalah untuk membantu Anda fokus pada kegiatan strategis yang akan mendorong pertumbuhan bisnis Anda. Koneksikan stok antar berbagai marketplace yang anda miliki (Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak). Integrasikan toko Anda dengan marketplace di PRIEDS untuk mempermudah kontrol seluruh proses penjualan untuk keuntungan yang lebih banyak.