Enterprise Resource Planning (ERP) sudah banyak dikenal sebagai sistem ‘tulang punggung’ dari banyak bisnis skala korporat atau enterprise. Software ini adalah alat utama untuk mengelola seluruh tugas siklus hidup bisnis seperti produksi, pesanan, manajemen inventaris, dan banyak lagi. Untuk penjelasan mengenai ERP lebih lanjut dapat dilihat pada artikel ini. 

Di masa lalu, belum ada banyak opsi ERP yang sesuai yang tersedia untuk usaha kecil seperti yang ada pada saat ini. ERP untuk bisnis kecil tidak semudah bisnis ini tidak memiliki dana atau dukungan teknis untuk menciptakan basis yang diperlukan untuk mendukung solusi ERP skala korporat tradisional.

Oleh karena itu, bisnis yang berkembang pada akhirnya menciptakan bisnis yang terdiri dari beberapa program terpisah yang menangani keuangan, inventaris, penjualan, penggajian, dan lainnya. Namun, kemajuan teknologi baru-baru ini telah membuka solusi untuk bisnis berskala lebih kecil yang lebih praktis. Saat ini ERP sudah dapat diimplementasikan untuk bisnis dengan skala lebih kecil, seperti startup dan UMKM.

Tidak seperti perusahaan bisnis, ERP untuk bisnis kecil dapat diimplementasikan di berbagai aspek industri seperti toko kelontong, supermall, toko butik, UKM, perdagangan, ritel, manufaktur, sumber daya manusia, baja, beton, farmasi, kimia, minyak / gas, serta manajemen pertanian, pertanian dan peternakan. Apa saja keuntungan menggunakan sistem ERP untuk bisnis-bisnis ini?

1. Transparansi

Daripada setiap bagian memiliki sistem informasinya sendiri, semua data yang relevan dapat disharingkan dan diakses dengan mengintegrasikan sistem ERP. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kembali atau mengekspor data yang dapat menghasilkan lebih sedikit kesalahan. Ini meningkatkan produktivitas perusahaan Anda dan mengurangi biaya sumber daya manusia.

2. Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

Data real-time yang disediakan oleh sistem ERP dapat bermanfaat bagi manajemen, pemasaran, akuntansi dan memungkinkan organisasi Anda untuk membuat keputusan penting tepat waktu yang mengurangi tenggat waktu yang telah lewat. Tim dapat mendeteksi potensi masalah apa pun yang dapat mengganggu tingkat produktivitas. Laporan keseluruhan operasi memungkinkan para pemimpin bisnis untuk membuat keputusan yang tepat waktu dan merespons dengan cepat terhadap lingkungan bisnis yang berubah.

3. Tingkatkan Produktivitas

Salah satu manfaat paling penting yang dapat dinikmati dari ERP untuk bisnis kecil adalah peningkatan produktivitas. Dengan peningkatan transparansi dengan proses bisnis yang lancar, karyawan dapat mengalihkan fokus mereka pada mengelola volume bisnis yang diperbesar. Ini membantu dalam mengubah berbagai fitur bisnis Anda dan mengatasi tantangan yang terlibat dalam pertumbuhan bisnis Anda juga.

4. Aliran Data yang Efisien

Selain itu, ketika bisnis kecil Anda melakukan perpindahan ke software ERP, Anda dapat menikmati aliran data yang efisien. Hal ini penting untuk bisnis yang tumbuh cepat, yang mungkin mengalami masalah ketika menyangkut data yang diskriminatif di berbagai departemen. Sebagai contoh, data keuangan yang dibutuhkan oleh departemen inventaris mungkin sulit diperoleh. Dengan perangkat lunak ERP, semuanya ada di satu tempat dan semua data resmi tersedia untuk setiap departemen.

5. Kolaborasi

Menerapkan ERP untuk bisnis kecil dapat membawa perubahan besar pada masalah berjuang dengan kolaborasi. Komunikasi yang buruk dan kurangnya kolaborasi sering terjadi sebagai akibat dari karyawan tidak memiliki akses ke data ketika mereka membutuhkannya. Ketika semua karyawan memiliki akses ke data di semua departemen, kolaborasi difasilitasi dengan lebih baik karena para pekerja ini lebih mampu melihat “gambaran besar” dalam perusahaan Anda.

6. Mengurangi Biaya Operasi

Mungkin fakta yang paling penting bagi banyak pemilik usaha kecil adalah bahwa sistem ERP jelas mengurangi biaya operasi secara keseluruhan. Dengan merampingkan data menjadi satu aplikasi perangkat lunak, sekarang Anda dapat menghemat uang pada perangkat lunak individual dan sistem manajemen yang sebelumnya Anda bayarkan di setiap departemen.

7. Wawasan Bisnis

Ketika membuat keputusan untuk bisnis kecil, penting untuk memiliki semua data dalam satu sistem tunggal dan cukup yakin bahwa data tersebut terbaru. Dengan ERP untuk bisnis kecil, tidak pernah ada keraguan bahwa ini adalah masalahnya. Sebagai hasilnya, pengambilan keputusan lebih menyenangkan dan lebih tenang dengan memiliki kepercayaan diri dalam pengambilan keputusan.

Dengan informasi ini, mungkin sekarang saatnya untuk mulai mencari software ERP yang tepat untuk bisnis kecil Anda. Di PRIEDS, kami menawarkan kepada klien kami salah satu solusi ERP terbaik di Indonesia. Kami sudah memiliki klien dari berbagai macam wilayah di Indonesia pekerjaan kustomisasi, integrasi, dan implementasi. Tim developer PRIEDS yang berdedikasi siap melayani Anda dengan cara terbaik untuk implementasi ERP, kustomisasi, dan integrasi dengan platform lain.