Jika Anda seorang entrepreneur, maka Anda pasti tahu betapa kompetitifnya dunia bisnis. Agar tetap di atas, Anda harus terus mengikuti teknologi modern dan inovasi terbaru. Berikut adalah lima tren unik yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis di tahun mendatang dan seterusnya.

“Anyone can steal your idea, but no one can steal your execution.”

Nadiem Anwar Makarim, Founder GOJEK Indonesia
Photo by Hannah Wei on Unsplash

1. Menangkap Demografi Para Generasi Millenial

Bagi Anda yang berusia diatas 30 tahun mungkin masih ingat zaman sebelum internet, tetapi untuk generasi yang lebih muda, koneksi merupakan bagian terpenting dari semua yang mereka lakukan. Dan seiring bertambahnya usia dan menjadikan pasar konsumen lebih banyak, perusahaan harus melakukan yang terbaik untuk berhubungan dengan memindahkan pemasaran mereka ke platform digital. Contohnya, TikTok, platform video yang telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, ia menempati urutan kesembilan dalam kategori itu di antara situs jejaring sosial, di atas LinkedIn, Twitter, Pinterest, dan Snapchat. YouTube juga membuat pemasaran digital lebih mudah diakses oleh pemirsa ini. Menurut survei VidMob baru-baru ini, “59 persen responden Gen Z mengatakan mereka menggunakan aplikasi YouTube lebih banyak daripada yang mereka lakukan setahun sebelumnya,” menunjukkan bahwa pasar ini baru saja dimulai.

2. ‘Go Green’ Sedang Trending

Semakin maraknya sosial media dengan kesadaran lingkungan, banyak orang yang mengadopsi green lifestyle. ‘Beyond Meat’, start-up pembuat protein nabati, telah meningkatkan harga sahamnya lebih dari tiga kali sejak peluncuran IPO-nya. Tetapi bagi konsumen, gaya hidup sadar lingkungan tidak berhenti pada diet vegetarian dan produk-produk kesehatan organik. Lunya, pembuat pakaian wanita populer, membangun produknya dari kain dan serat alami, dan pakaian tidur menggunakan kapas Pima untuk ketahanan dan kenyamanan demi menurunkan emisi karbon. Tidak cukup menjadi ‘hijau’ lagi, tapi Anda harus membantu pelanggan memahami apa artinya membuat pilihan ramah lingkungan untuk Anda dan mereka.

3. Internet of Things dan Kemajuan Artificial Intelligence

Industri kecerdasan buatan terus tumbuh dan akan memiliki dampak signifikan pada ekonomi dunia di tahun-tahun mendatang. Penggunaan AI dan algoritma yang lebih kecil dapat meningkatkan pengalaman pengguna di hampir semua industri. Spotify, misalnya, menggunakan kecerdasan buatan untuk menjadikan pengalaman mendengarkan lebih pribadi dengan membuat sesi khusus untuk setiap pengguna.

AI juga mengubah layanan pelanggan. Seperti yang dikatakan Omer Khan, pendiri dan CEO VividTech kepada Entrepreneur, “Chatbots dan asisten virtual hari ini mampu menangani lebih banyak tugas layanan pelanggan daripada sebelumnya untuk memfasilitasi perjalanan pelanggan dengan lebih baik. Ketika mereka memanfaatkan pembelajaran mesin untuk merespons permintaan pelanggan dengan lebih baik, interaksi ini menjadi lebih efisien.” Melalui penggunaan teknologi yang cerdas, bisnis dan konsumen semuanya akan mendapat manfaat. 

Di Indonesia sendiri, hal ini terus menerus berkembang. Banyak perusahaan sudah mengikuti tren industrial revolution 4.0 dengan IoT atau Internet of Things. Untuk mendukung visi pemerintah dalam Revolusi Industri 4.0, PRIEDS Technology adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa berupa solusi kebutuhan teknologi setiap bisnis untuk integrasi teknologi Internet of Things (IoT) solution yaitu koneksi hardware dan software melalui internet, untuk semua bisnis UMKM hingga perusahaan-perusahaan besar agar semua dapat berkembang bersama-sama dengan majunya teknologi di Indonesia. Contoh aplikasinya adalah sistem Smart Room, Auto Warehouse dan Vending Machine.

4. E-Commerce Akan Terus Mendominasi

Dalam empat tahun mendatang, e-commerce global diperkirakan akan mencapai sekitar $5 triliun, seperti yang dilaporkan oleh Statista, menyebabkan banyak pengecer memindahkan investasi dari etalase ke toko online. Di Indonesia, transaksi e-commerce dapat berkembang hingga 3x lipat dari tahun ke tahun. Fashion Nova telah memanfaatkan kekuatan belanja online dengan hanya sedikit lokasi fisik, memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan ratusan juta dalam penjualan. Mereka bahkan menciptakan gudang canggih yang dapat mengirimkan pesanan lebih cepat. Tampaknya saat ini tidak ada batasan untuk apa yang dapat dijual secara online.

5. Platform Sistem Digital yang ‘all-in-one’ Akan Terus Meningkat

Ketika perusahaan ingin memberikan lebih banyak layanan dan opsi kepada pelanggan mereka, permintaan telah meningkat untuk platform all-in-one untuk menangani transaksi keuangan, keamanan, dan kebutuhan perbankan. Konsumen dan pemilik bisnis sama-sama menghargai kemampuan untuk mencapai lebih dari satu tujuan mereka dengan vendor tertentu, dan sistem yang komprehensif ini semakin populer. Perusahaan dan produk seperti Cyfe dan Tableau (yang memiliki IPO besar-besaran) menciptakan platform pusat intelijen bisnis dengan API dan integrasi yang terus mendorong laju teknologi. 

Di Indonesia, pemain untuk platform yang all-in-one memang belum banyak. Kebanyakan pemain mengambil peran hanya dalam membuat sistem berbasis Point of Sales. PRIEDS Technology adalah penyedia sistem bisnis software Enterprise Resource Planning (ERP) untuk mengatasi permasalahan bisnis dari awal sampai akhir. Point of Sales hanya satu diantara banyak modul-modul sistem yang terdapat di dalam sistem ERP. Sistem ini diantaranya mencakup:

  1. Purchasing / Inbound, 
  2. Customer Relationship Management (CRM), 
  3. Finance dan Accounting, 
  4. Inventory,
  5. Sistem Booking,
  6. Warehouse Management,
  7. Job Monitoring,
  8. Production / Produksi,
  9. Point of Sales

Penggunaan sistem ERP akan memudahkan mobilitas dan efisiensi Anda pribadi, karena sistem dapat dikontrol darimana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu secara manual harus berada di toko atau di perusahaan. Terlebih lagi, biaya yang harus dirogoh tidak sebesar effort yang harus diberikan, bisa mulai dari 250 ribu saja per bulan.

Nah, kira-kira itulah 5 tren bisnis yang harus diikuti agar bisnis Anda dapat lebih maju di tahun 2020. Sudahkah anda terapkan semuanya? Untuk maju, gunakan sistem ERP yang all-in-one dari PRIEDS Technology.

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/341216