Di zaman sekarang, menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan merupakan impian banyak orang karena berbagai alasan. Dengan melihat kehidupan wirausahawan yang telah sukses, jelas bahwa salah satu alasan seseorang berhenti dari pekerjaannya dan memulai bisnis baru adalah untuk mendapatkan financial freedom dan kebebasan untuk bekerja dimana saja, kapan saja. Namun, apakah benar untuk membangun dan menjalankan bisnis pada saat ini semudah itu? Tentunya dalam berbisnis, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Jangan malu dengan kegagalan yang kamu lakukan, belajarlah dari kegagalan itu dan mulai lagi.

Richard Branson

  1. Memiliki Visi yang Jelas dan Kemampuan Leadership

Bisnis yang dibangun tanpa visi ibarat rumah yang dibangun tanpa pondasi yang kuat. Seorang leader di dalam entrepreneur harus memiliki rasa percaya diri, disiplin yang tinggi, inisiatif, pekerja keras, dan kreatif. Selain itu, kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama harus dikembangkan di dalam tim. Saat ini di zaman pekerja milenial, penting untuk terus memberikan tantangan yang dinamis agar pekerja tidak bosan. 

  1. Memiliki Pemahaman akan Market

Saat ini market sangat mudah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan seringkali berubah dengan cepat. Pemahaman akan market sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Menjelang tahun 2020, market di Indonesia adalah pengguna aplikasi digital, sangat peduli akan review, dan mengedepankan personalised experience, atau pengalaman yang personal dengan produknya. Pengetahuan akan market dibagi menjadi 2, yaitu market umum dan market spesifik sesuai dengan bidang yang dituju. Mengetahui segmentasi market akan memudahkan anda untuk memilih strategi marketing yang tepat.

  1. Memiliki Sistem

Di zaman sekarang, mudah sekali untuk mendapatkan akses terhadap berbagai sistem, seperti sistem kasir (Point of Sales), sistem akuntansi, sistem stock / gudang / warehouse, sistem human resource / karyawan / payroll, dan lain sebagainya. Sistem di zaman sekarang sangat penting di era digital ini karena anda dapat memantau bisnis meskipun anda sedang tidak ada di tempat. Sistem yang mencakup end-to-end ini disebut enterprise resource planning (ERP). Namun, saat memilih sistem perlu dilihat apakah sistem tersebut sudah mencakup seluruh kebutuhan anda, atau hanya sebagian, karena jika salah satu penyedia layanan hanya menyediakan layanan akuntansi, anda harus berurusan dengan banyak penyedia service dan sistemnya menjadi terpisah-pisah. Salah satu ERP yang terintegrasi dari awal hingga akhir adalah PRIEDS. PRIEDS adalah software enterprise resource planning yang dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. 

Nah, itulah 3 hal utama yang perlu diperhatikan saat membangun bisnis. Bisnis apapun yang ingin anda buat, pertimbangkan ketiga hal ini dan PRIEDS siap untuk membantu anda.